Geografi Fisik UGM

GIS/SIG

Tulisan ini terinsipirasi dari pertemuan Agen 4825 dengan Jeng Ani yang ngolek upo di Titimatra.

Pada saat itu agen 4825 melihat Jeng Ani sedang mengerjakan pembuatan peta drainase kota yogyakarta untuk pekerjaan APY memakai arcview. Terbayang ngak sih sistem drainase yang kotak-kotak dan bersliweran. Kalau pakai ArcView kan lama banget dan agak repot. Seperti yang kita tahu Arcview tuh dirancang untuk GIS yang cenderung bermain di skala-skala sedang hingga kecil (1:25.000 – 1: 250.000) sehingga kurang cocok untuk pekerjaan yang berskala besar atau memiliki yang khusus detail yakni skala (< 1 : 1.000 – 1 : 5000). Kelebihannya programnya relatif kecil cuma 38 Mega, ringan untuk dijalankan, sehingga komputer jangkrik pun dapat jalan. Dan banyak extensionnya.

Autocad dirancang untuk menggambar dengan tingkat ketelitian tinggi dan skala yang besar misal 1 : 1 atau 1 : 10, 100 dsb. Tetapi kelemahannya tidak bisa untuk analisis GIS, contohnya overlay, buffer, spatial analyis, dll.

ArcGIS dibuat untuk performance GIS yang tinggi contoh untuk Web GIS, Server GIS, Database GIS yang besar, dsb. Di dalam ArcGIS sudah terdapat berbagai macam extension kita tinggal menggunakan saja. Selain itu layoutnya oh…maut abis dech.., templatenya macem-macem dan kita bisa bikin template sendiri. Tetapi kelemahan ArcGIS adalah programnya relatif besar (1,5 gigabyte), dan membutuhkan spek komputer yang tinggi Ram minimal 256 mega, VGA 128 Mega, processor Pentium IV dan sekelasnya hardisk 40 Giga.

Perlu Agen 4825 ingatkan juga kalau dalam menginstal ArcGIS harap hati-hati karena tidak semua komputer cocok dan bisa jalan, malahan komputer bisa jebol. Agen pernah mengalami kejadian itu, sewaktu nginstal ArcGIS 9.2. di Windows XP dengan spec Processor AMD Sempron, Ram 1 Giga, Hardisk 120 Giga, program ArcGis ngak mau jalan. Instalnya sukses tapi mau buka ArcMap ngak bisa, karena udah bosen, akhirnya di uninstall tetapi tetap aja ngak mau. Akhirnya dengan cara manual di Delete tetapi hasilnya.. Komputer hampir jebol karena program License Manager bawaan ArcGis ternyata terus menerus nge load arcgis setiap kali komputer dinyalakan, sehingga memenuhi hardisk dan memori. Akibatnya komputer jadi hang dan gak mau jalan. Deg-degan dech, mana komputer milik kantor lagi, kalau jebol suruh nganti kan. Tetapi tenang aja bro… komputer di rumah Cuma processer Celeron bisa tuh ngangkat ArcGis 9.1 dan jalan bagus. Komputer di kantor yang lain juga bisa diinstall ArcGIS 9.2 dan bisa jalan. Jadi jangan khawatir asal sesuai dengan caranya, insya allah bisa kok. Lihat tulisan tentang cara menginstall Arcgis.

Untuk membuat peta drainase diatas, Agen 4825 coba untuk memberikan beberapa solusi jitu nih :
1. gunakan autocad untuk digitasi (on screen) peta yang berskala besar, terserah mau AutoCad Map, atau AutoCad 2006 / 2008
2. klik insert, raster image, tentukan gambar yang mau di digitasi, klik ok
3. buat layer baru , klik format, klik layer, new layer, current, ok, misal sungai,
4. mulai digitasi dengan menuliskan pl enter. Spasi untuk mengakhiri
5. Setelah digitasi selesai jangan lupa untuk diberi titik koordinat caranya : peta di select all, ketik move (di comand line) enter, tentukan asal titik perpindahannya, misal di pojok kiri bawah peta tersebut X :….?, Y : ….?, ketik koordinatnya misal 4987000,9189000 enter, maka peta kita sudah pindah ke koordinat tersebut.
6. hasil dari digitasi sebaiknya disimpan di format .dxf, agar dapat terbaca di ArcView, tetapi sebelumnya aktifkan extension Cad Reader. Untuk arcgis bisa langsung membaca dwg atau dxf.
7. untuk mengisi atribut dan manipulasi data dapat digunakan ArcView atau ArcGis terserah tetapi kalau di Arcview lebih enak karena, bagi yang mempunyai komputer lelet tidak bermasalah.
8. setelah semua jadi, pembuatan layout Agen sarankan di ArcGIS karena disana fasilitasnya super lengkap, salah satu yang agen sukai adalah adanya fasilitas Halo yakni adanya shadow di huruf sehingga huruf dapat kelihatan dan adanya fasilitas pembuatan garis sendiri, seperti kalau membuat simbol batas desa di RBI.

Cukup sekian yaa.. kesel bos besok diteruskan lagi topiknya Tentang
PEMBUATAN KONTUR YANG MAK YOSS DENGAN SURFER, AUTOCAD DAN ARCVIEW

35 Tanggapan to "GIS/SIG"

mau urun pendapat ni, menurut pengalaman dalam arc gis untuk komputer yang mid end masih bisa menjalankan arc gis 9.2 mungkin licensenya ga bagus, trus kalau mau uninstall hapus dulu program gis di program file di folder arcgis lalu hapus registrynya dengan wise registry cleaner dan juga uninstall phyton, license manager dan sentinel protector terlebih dahulu lalu lakukan uninstall seperti biasa, biasanya mau jalan

fren
ku pengen bisa ga kirimin ku cd software nya arc gis
coz ku jarang ke jogja nanti biar nnti ku ganti biaya nya..
biasalah buat ngerjain tugas akhirnih.
email : adjiajadeh@yahoo.com

gimana bang, ??

hmmm….. bapak Agen 4825 dosen ya?
pak tolong dibuatin artikel cara mbuat peta kontur dari citra dong…?

ke perpustakaan, cari TA RS&GIS

mas prosedur pembuatan titik ketinggian dari gps gimana ya?

untuk pembuatan titik ketinggian menggunakan GPS maka alat yang digunakan adalah GPS RTK (real time kinematic)
receiver GPS dual frequency
 1 buah data collector (Psion)
 UHF radio link dengan jangkauan 10 & 20 km
 1 buah Pole 2 mtr untuk Rover
 2 buah tripod untuk Base station atau untuk static positioning.
Apabila digunakan untuk RTK alat tersebut memiliki akurasi horizontal 2cm+1ppm dan akurasi vertikal 3cm+1ppm. Untuk static positioning akurasi horizontalnya adalah 5mm+1ppm dan akurasi vertikalnya adalah 10mm+1ppm. RTK initial time nya 15 detik. Dengan akurasi seperti di atas alat tersebut bisa diaplikasikan untuk ;
• GPS Static Positioning
• Pengukuran Batymetry bersama Echosounder
• Pemetaan terestris di tempat terbuka
• Stake Out.
Alat ini cukup membantu proses collecting data ketika kami harus memetakan areal rencana jalan tol Kanci-Pejagan. Di areal tersebut banyak tanaman tebu dengan ketinggian sekitar 3 meter. Di areal seperti itu kami akan sulit bekerja dengan Total Station karena bidikan teropong terhalang tebu, tapi dengan GPS RTK kendala tersebut bisa teratasi.

Membuat peta dengan GPS RTK cukup meringankan beban surveyor karena tidak harus sering berpindah alat untuk menyiasati keterbatasan jangkauan bidikan alat. Sekali centring cukup untuk area dengan radius 10 km, kira-kira cukup untuk membuat lecet kaki.

pa khabar bapak Agen 4825…..? ini comment sy yg pertama nih, mau minta izin bwt ikutan gabung…..boleh g? saya sandy alumnus geografi UPI Bandung, skalian mau nanya kalo cara membuat GIS berbasis web itu gmn y? sy biasa bikin peta yang hasil keluarannya bukan web tapi berupa hasil cetak atau bidang datar……..mohon petunjuknya dari masternya GIS……….

thx,
sandy

Mas..,aku mo nanya tentang Analisis Spasial Buffering pada GIS trus klo mo nyari jurnalnya dmana? Trim

Yth Agen 4825

Saya mempunyai permasalahan didalam mengconversi data CAD (minescape dalam format .dxf) ke GIS
Data masternya cukup besar sekitar 500-600MB
Dan sudah bercampur aduk, antara layer sungai, batas wilayah KP, lahan penduduj, sungai, jalan , dll.

Pada waktu saya buka di Arc View 3.3. ( terlebih dahulu mengaktifkan ext. cadreader) data terdiri dari :
-bermacam macam warna garis,
-Anotasi
-Polygon
-Polyline

Tetapi data minescape dalam format .dxf ini masih data yang belum baik, dan sayangnya saya tidak mahir di autocad.
Saya hanya mahir di Arcview dengan memakai ext. edit seperti xtools, ET, dll.
Pertanyaannya adalah :
Bagaimana dengan Arc Info di Arcgis 9 ??
apakah lebih baik editing data dxf di arcview 3.3. atau di arc gis 9.x ???

mohon pencerahannya

tks
GBU

buat marganda :
untuk konversi cad ke shp agar bisa dibuka di arcview, anda bisa menggunakan Autocad Map. bukan autocad yang biasa, karena di autocad map ada fasilitas untuk konversi cad ke shp begitu juga sebaliknya. karena file anda besar, saya sarankan untuk dipecah-pecah menjadi file yang kecil agar cepat untuk mengkonversi ke shp. khusus untuk konversi layer poligon, saat proses konversi anda mencentang keterangan agar file tersebut berbentuk poligon, sehingga nantinya tidak berbentuk line sewaktu dibuka di arcview.
selain diautocad anda juga bisa buka di arcgis karena arcgis sudah support autocad.

ikut nimbrung pak, saya d3’pj dan sig’02…arcgis 9.2 mang sekarang lagi top2nya untuk pengolahan data spasial,tapi pak saya kurang setuju kalo arcgis diistall di kompi dibawah RAM 256, kasian komputernya pak..minim 512..kalo bisa lebih tinggi lagi..di arcgis ada tool untuk menangani data drainase, disitu bisa juga untuk editing arah aliran..oke…?sekalian kayanya PT. waindo specterra mw butuh karyawan baru lho slnya banyak yang resign coz diterima PNS..hehehhe..

mas admin..mas admin…

ditambahin tutorialnya dung, kalo qta bisa download kan lebih asik lagi tuh…
atau mau dong info web yang bisa download tutorial GIS yang mudah untuk dipelajari..maacih banyak….

viva geografi UGM

thanks, tham-tham atas masukannya
sebenarnya sih mau banyak upload berhubung sekarang kerja di bpdas remu ransiki yang berada di manokwari, dan disana
jaringan internetnya tidak ada maka ya…tutorialnya agak terganggu, tapi diusahakan kalau dah ada jaringan internet, insya allah lebih sering ngeblog. viva geo

mas admin nya…

ditunggu topik selanjutnya ya…..

boz gw ngikut2 nanya ya…arcview 3.2/3.3 stabil ga sih diinstal di vista? di kantor gw pake vista home ed. bisa sih diinstal arcview tapi kadang saat buffering error2 melulu.waktu arcview diclose pun sepintas terlihat error message. sekian dan maturnuwun..oya kenalin gw andi alumni pw01, sekarang lagi nongkrongin Pusdatanya Dept.PU bagian ngedit-ngedit peta kaya jaman doeloe waktu nguli di geo ugm.

gini andi untuk arcviewnya coba kamu cari patch arcview untuk windows vista di website esri.com
kadang-kadang arcviewnya ada bugs, seperti di window xp kalau kita klik identification maka ada pesan errornya setelah
kita instal patchnya pesannya hilang. selamat bekerja bung, viva geo

hi bro.., gimana carana mengimport dari format arcview ke autocad?.., trus da modul ga cara buat countur dengan aotocad land development???
thanks…

untuk impor arcview ke autocad mudah saja cuma perlu pilih satu diantara beberapa tools atau program untuk mengkonversi, diantaranya : ekstension AV Tools, program autocad map, program surfer 8, dan arcgis 9.2. semuanya ada tools untuk merubah format .shp ke format autocad yaitu .dxf, tinggal pilih saja.
untuk modul autocad land development saya ngak punya coba cari tutorialnya di persewaan cd program, atau googling aja di internet.

ada g tutorial untuk pembuatan kontur di land development yang koordinatnya disend langsung dari GPS 76 csx

Membuka Wacana Baru….
Salam Kenal…..
Untuk pekerjaan Pemetaan perlu kita ingat apa tujuan yang dicapai (Hasil Akhir) berikut sumber datanya.

jika data kualitas bagus baik ketelitian maupun sebarannya maka hasil yang didapat mestinya bisa merepresentasikan RealWorld.(case study peta teknis)

Untuk peta-peta skala besar(ex peta2 DED atau peta teknis lainnya) perlu yang namanya benar posisi maupun ukurannya,
jadi jarak dan koordinatnya harus benar sesuai lapangan.

koreksi sedikit tulisan di atas, semoga berguna:
Program autocad sangat Unggul untuk olah data vektor. Karena sangat teliti dan presisi.(bandingkan mendigit garis di autocad dg arcview mudah mana??)

Untuk memberi koordinat dalam peta tidak semudah me-move objek….spt ilustrasi di atas.Pemahaman itu keliru….memang koordinat akan pindah ke sana seperti di lapangan. Tetapi muncul pertanyaan Bgmana kok rotasi dan skaling tidak diperhitungkan. So….gambar msh tetap kecil dan tidak berubah cuma bergeser saja(dilatasi atau di move)

SOLUSI: Untuk mendigit di autoCAd ,sebelumnya harus dilakukan proses transformasi koordinat semisal menggunakan affine dengan metode transformasi memaksa pke perintah rubbersheet(menu ini hanya muncul di autocad Map). Hal yang diperlukan adalah 4 titik ikat yang diketahui di lap atau peta. So.. dgn begitu bisa mencari koordinat2 lain di seluruh peta dan peta sudah benar posisi maupun ukurannya.

Hasil bisa diolah lebih lanjut di ArcView,ArcGis atau yg lain.

untuk ArcView sangat unggul dalam hal intervace yang user friendly berikut program yang ringan dan cukup sakti karena banyak ekstension yang mendukung.

succed to u and our community
Top’x
salam22

makasih banyak atas masukannya semoga dapat menjadi pelajaran bagi kita semua. tq

mas, menggabungkan point secara otomatis menjadi polyline pada program autocad and development gmn yaa??

thank’s ^^
regard’s

–> pman_greenarch@yahoo.co.id

ok. kelihatannya banyak pengguna arcview nih…..
Pengennya sih juga pake arcGis tapi, dah kadung kesengsem nih, soale mudah n bisa diutak atik. horas GISSER..

mas kami relawan pnpm perkotaan, ingin memiliki peta kelurahan kami dalam format digital dengan skala 1:5000. apakah bisa dibantu. terima kasih

mas apakah garis kontur yang berada di coverage arcinvo dapat dibuka di arcview,,,,maturnuwun

Cara track gps via laptop gimana yah.
bisa via usb ga…

Mas..mau tanya nih..

Saya seorang dokter-hewan (alumnus UGM 98)

Saya pernah mendapat pelatihan mengenai GIS, tapi dalam pelatihan itu kami gunakan Quantum GIS (freeware).

Setelah pelatihan saya berpendapat ternyata GIS, sangat cocok diaplikasikan untuk pemetaan penyakit hewan, terutama penyakit hewan menular dan itu sangat membantu sekali.

Saya berminat sekali memperdalam GIS karena kebutuhan itu tadi, namun karena keterbatasan pengetahuan, mungkin saya akan banyak berkonsultasi pada mas-nya yang sudah expert dalam bidang GIS

Saya punya komputer dengan processor AMD 64bit, OS yang saya pakai Win7, kira-kira ArcGIS yang bisa digunakan pada hardware dan OS yang saya punya ArcGIS versi berapa?

Matur Nuwun….

master program.he.he.he
dmn cara dapatin tutorial2 ArcGis maupun auto cad land development yang gratiss, terus gmn cara instal arcgis ya.tempetku ko ga basa2 yah.padahal PC ku udah gede nh specnya.

salam..ni comen pertama saya..saya mo mnta tlong sama bpak agen tuk memberikan spesifikasi spec kompter yang mampu menampung program arcview, arcgis,surfer dan hrganya kira2 brapa?ni untk kbutuhan lab geo dikmpus saya..mkasi ats infonya

mau cari global maper 11

tararengkyu.. matur nuwun mas..

DIcari Guru Privat wilayah Pekalongan Kota
fokus pada program Mapinfo dan Surfer dan program lain yang berkaitan dengan Peta Kontur

sms 081227275157 Rudi

Selamat malam pak, mohon bantuannya pak, mengapa muncul error Unknown object “SpAnEnv.1685” in Project c:\user..\temp\template.def dan bagaimana maengatasinya. Trims

Mas mau tanya , kalo bikin template itu bagaimana caranya, dan cara simpannya gmna biar template tersebut bisa dipakai sewaktu-waktu. Terima kasih

Pak saya mau bertanya..
saat menjalankan program arcgis 9.2 tsb terjadi masalah dengan muncul informasi
FLEXlm : -15,10.system error: 10061 “Winsock: Connection refused”
mohon bantuan dari bapak sekalian bagaimana cara mengatasi masalah menginstal arcgis 9.2 ini.
agar dapat memperlancadr penyusunan skripsi saya
terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: