Geografi Fisik UGM

Membuat Peta Seperti Peta RBI (berindex)

Posted on: Februari 23, 2011

tulisan ini dibuat karena penulis mengalami sendiri bagaimana cara membikin peta berindex seperti RBI dari bakosurtanal, karena kalau membikin peta berindex secara manual maka akan memakan waktu yang lama dan hasilnya tidak memuaskan. penulis membuat peta dengan menggunakan software ArcGIS 9.3 dimana kendala dari arcgis adalah tidak mempunyai multi layout seperti halnya kalau pakai ArcView. syarat utama untuk membikin peta yang berseri atau berindex adalah konsistensi layout dan keseragaman. untuk itu yang diperlukan dalam membuat peta berseri adalah bantuan dari extension, salah satu extension yang bisa dipakai adalah MapBook Extension khusus dibuat untuk ArcGIS dengan extension tersebut kita bisa membikin banyak layout peta secara mudah dan otomatis, tanpa perlu membuat layout yang banyak, cukup 1 layout saja. yang perlu diingat adalah kita perlu file shp index dari peta yang akan kita bikin. misal kita akan membuat peta 1 : 50.000 se provinsi Papua maka kita memerlukan grid index 1 : 50.000 index tersebut bisa di donwload cari aja di google.  Penulis merasakan sendiri manfaat menggunakan extension tersebut disaat membuat peta lahan kritis dan penggunaan lahan Papua Barat skala 1 : 50.000 dengan total peta yang harus di print adalah 156 lembar peta.

7 Tanggapan to "Membuat Peta Seperti Peta RBI (berindex)"

Bang bisa kasih link grid indeks !:50.000 dan 1:25.000
saya googling gak dapat2 ni…
Thanx b4

Dimanakah atau bagaimanakah jika menginginkan MapBook Extension ini? Mohon informasinya.
Terimakasih

mas, akan lebih bermanfaat apabila dijelaskan step by step, apalagi kalo disertai dengan gambar.
trims.

Salam kenal, bagaimana membuat file shp? karena kalau nyari susah banget. Mohon dijelaskan step2nya. Misalnya saya punya file jpg, kemudian saya ingin membuat peta dalam format shp biar bisa diedit di arcviewgis. Ada ndak sumber data file shp yang bisa download gratis. Makasih infonya, saya sangat memerlukan.

assalamualaikum..gan gimana caranya mindahin peta dari skala 1: 50.000 ke kertas grafik A3??? apakah skalanya juga diubah.?? makasih infonya yah..

menarik nih ifonya, saya jg perlu link grid index dan cara menoperasikan Mapbook. tolong di bantu karena saya sangat membutuhkannya bos. thanks

Salam kenal, bagaimana gan caranya mindahin peta dari skala 1: 50.000 ke kertas grafik A3??? apakah skalanya juga diubah.?? makasih infonya yah..
Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: