Geografi Fisik UGM

Membuat Peta Kontur Dengan Global Mapper 11

Posted on: September 4, 2010

Ada berbagai cara untuk membuat peta kontur, tapi ditulisan saya ini akan membahas cara pembuatan peta kontur dengan menggunakan Software Global Mapper 11 (klik disini). software ini menurut saya lumayan enak dipakai dan tidak memberatkan hasilnya pun memuaskan. untuk membuat peta kontur maka yang diperlukan adalah data SRTM 90 m atau SRTM 30 m. Data tersebut bisa di download gratis pake software Global Mapper juga bisa, asal koneksinya kencang.

Buka data SRTM yang akan dibikin peta konturnya, kemudian aktifkan elevation (pilih yes saat pertama kali SRTM di buka)

Klik File_Generate Countur

Tentukan Ci nya misal : 100 m

Klik OK atau bisa juga bikin kontur hanya daerah yang kita pilih caranya klik box boundary_buat kotak yang akan kita bikin kontur_ok

Kalau udah jadi jangan lupa di eksport ke SHP   pilih File_export to vektor_pilih shapefile.

Jadi Dech…

5 Tanggapan to "Membuat Peta Kontur Dengan Global Mapper 11"

mas mohon bantuannya..
bagaimana kalau kontur yang akan dibuat sudah ditentukan batas2 arealnya contohnya kontur yg dibuat mengikuti batas2 kelurahan, kecamatan dll.. jadi tidak berbentuk kotak (box boundry)..
trims

di clip aja dengan batas adminnya ( kelurahan or kecamatannya ).
pake arcgis.

Salam,.
Saya seorang surveyor jalan yang berdomisili di Fakfak – Papua Barat,..
Saya sangat tertarik dengan global mapper,..Dalam hal ini saya ingin menggunakan Global Mapper untuk penggambaran Kontur pada Type Potongan memanjang/Long Section Trase jalan,..
Untuk itu saya mohon pencerahan atas pertanyaan saya berikut ini:

- Apa ada cara mengkonversi data rute/trase jalan yang telah saya survey dari GPS Garmin ( dalam hal ini sy menggunakan MapSource ) ke dalam Global Mapper???
Jika bisa,.file berformat apa yg saya butuhkan??? apakah *.gdb , *.dxf atau *.gpx ???

- Setelah saya mendapatkan konturnya,.apa bisa data tersebut saya konversi menjadi file *.dwg ???

Sekali lagi mohon pencerahannya,..
Trims,..
( Ronald )

Global mapper bisa buka file apa saja mulai, shp, cad, dwg, gpx juga bisa dibuka.

Askum,..
gimana cara mencari kontur menggunakan aplikasi ini Kalo filenya berformat gdb ato dwg ???
Mohon pencerahannya….

Tinggalkan Balasan

Tentang Blog Ini

Blog ini merupakan media komunikasi bagi mahasiswa georafi fisik ugm. Blog ini bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan, dan menciptakan kecerdasan kolektif. Bravo gefis
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

