Geografi Fisik UGM

Berkenalan Dengan ArcGIS® Desktop

Posted on: Januari 19, 2009

Berkenalan Dengan ArcGIS® Desktop
By. noordianto

ArcGIS Desktop memberikan performa di semua lini GIS dari merancang geodatabase dan manajemen editing data dari query peta sampai produksi kartografi dan visualisasi serta analisis geografi.
Bagian ini akan menjelaskan tentang bagian-bagian dari ArcGIS Desktop yang terdiri dari ArcMap, ArcCatalog, dan ArcToolbox yang merupakan kerangka dasar dari ArcGIS Desktop. Selain itu juga akan menjelaskan fungsi dan penggunaannya. Selamat membaca ya.

ArcMap
ArcMap merupakan program aplikasi sentral di dalam ArcGIS Desktop untuk menampilkan, manipulasi data geografis, penggambaran peta, query, seleksi dan editing peta. Di dalam ArcMap memberikan anda kesempatan untuk membuat dan bekerja dengan dokumen peta. Sebuah dokumen peta terdiri dari frame data, layer, label dan objek grafis. ArcMap memiliki dua jendela utama yang digunakan untuk bekerja dengan dokumen peta yaitu : jendela daftar isi dan jendela tampilan. Jendela daftar table berisikan tentang data geografis yang akan digambarkan di dalam jendela tampilan, dan bagaimana data tersebut akan digambarkan. Jendela tampilan akan menampilkan data geografis dan tampilan layout

ArcCatalog
ArcCatalog merupakan sebuah aplikasi yang membantu anda untuk mengatur dan mengelola informasi GIS yang meliputi data GIS, dokumen peta, file layer, dsb. Data GIS terdiri dari berbagai macam format data dan tipe. Di dalam ArcCatalog anda dapat mendelete, memberi nama baru, membuat file peta baru, mempreview peta, melihat meta data, membuat database dsb. Intinya ArcCatalog adalah program explorernya peta di ArcGIS.

ArcToolbox
Banyak dari pekerjaan GIS menggunakan ArcMap dan ArcCatalog untuk mengelola, menampilkan, dan query data GIS. Di dalam ArcToolbox banyak terdapat alat untuk geoprosessing. Geoprosesing digunakan untuk otomasi data, kompilasi data, mengelola data, analisis data, modeling data dan untuk kartografi tingkat lanjut. Berbagai macam tool antara lain 3D analisis tool, kartografi tool, konversi tool, data manajemen tool, dsb.

ArcGIS Desktop Extension
ArcGIS Desktop Extension menyediakan fungsi khusus untuk kompilasi data, produksi kartografi dan analisis geografi tingkat lanjut. Banyak dari ekstensi dapat di mulai dari ArcCatalog atau ArcMap. Langkah pertama untuk mengaktifkan ekstensi tersebut adalah dari menu Tools kemudian klik ekstension. Berikut penjelasan beberapa produk ekstensi.

Ekstensi Kompilasi Data
ArcScan for ArcGIS, digunakan untuk menghasilkan data dari hasil gambar yang discan. Prosesnya adalah vektorisasi dari data raster dan juga terdapat tools untuk editing raster-vektor
ArcGIS Data Interoperability berguna untuk membaca, merubah, mengekspor lebih dari 60 (enam puluh) format data GIS. Termasuk juga tools untuk mengkonversi data yang kompleks.
ArcGIS Schematics digunakan untuk membuat diagram skematis jaringan GIS seperti jaringan listrik, perpipaan, dan jaringan telekomunikasi.

Ekstensi Produksi Kartografi
Maplex for ArcGIS digunakan untuk penempatan label dalam proses kartografi. Dapat mendeteksi label yang overlap dan secara otomatis memindahkannya. Serta terdapat juga tools untuk mempercantik penempatan label
ArcGIS Publisher digunakan untuk mempublikasikan data dan peta untuk digunakan dengan ArcReader. Dapat juga digunakan untuk membuat format peta publikasi (PMF) untuk segala macam jenis dokumen peta  PMF digunakan di dalama ArcReader dan diijinkan untuk di bagi secara gratis bagi pengguna yang lain.

Ekstensi Analisis Geografi
ArcGIS Spatial Analyst menyediakan pemodelan dan analisis tingkat lanjut untuk data raster, termasuk juga analisis medan (membuat relief, kemiringan lereng, aspek dari DEM), membuat jarak dan harga permukaan serta tumpang susun data raster.
ArcGIS 3D Analyst digunakan untuk visualisasi dan analisis data permukaan, termasuk membuat tampilan perspektif. Serta menyediakan tools tingkat lanjut untuk pemodelan 3D seperti cut-fill, analisis kenampakan, dan pemodelan medan.
ArcGIS Geostatistical Analyst digunakan untuk memprediksi nilai yang terdapat pada titik sampel. Digunakan juga untuk indentifikasi trend, dan korelasi spasial.
ArxGIS Network Analyst digunakan untuk analisis jaringan transportasi. Dapat digunakan untuk menemukan rute terpendek diantara dua titik, mengalokasi  titik tengah sumber, atau menemukan beberapa rute terefisien diantara beberapa pemberhentian.
ArcGIS Tracking Analyst dapat digunakan untuk menampilkan dan menganalisa data temporal seperti jejak angin puting beliung dan dapat digunakan untuk membuat animasi berdasarkan waktu.

Source :
Using ArcGIS Desktop, 2006, ESRI, United States of America

Tag:

8 Tanggapan to "Berkenalan Dengan ArcGIS® Desktop"

mas bisa dikirimkan tutorial untuk argis khusus penggunaan extentiony,yang menggunakan bahasa indonesia.
didalam argis banyak extention yang belum sy pahami, thank

Bravo buat Cah-cah GeFis.

Buat ulasan ArcGis yang banyak lagi dunk…….

Trus ada tidak kawan2 Gefis yang tau solusi untuk menghapus data yang terduplikasi. contoh yang sering sy hadapi di data point.
Ada tidak tools – nya.

kalau terduplikasinya di table arcview or arcgis coba deh di explode dulu kemudian di filter pakai dissolved.

nggak mau download arcgis

nggakmau download dikomputer saya arcgisnya

bagaimana membuat dem, trus penggunaannya..?makasih kak…

Mas, bisa minta tilong tentang?
1. Definisi Shapefiles dalam Arc View GIS.
2. Macam2 Shapefiles.
3. Gambaran Umum tentang Hotlink.
4. Saya lagi Ngerjain Tugas Akhir dengan judul “HOTLINK SHAPEFILE KE CITRA IMAGE” Ada g contol laporan tentang Itu.

Please kirimin ya mas..

mas saya sedang belajar tentang arcgis, klo ada tutorialnya minta kirimin, wahyuuniska@gmail.com, maksih sebelumnya atas perkenannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: