Geografi Fisik UGM

Jejaka Petualang Part 1 (”Petualangan di Manokwari”)

Posted on: Mei 21, 2008

Setelah transit selama 15 jam di Makassar akhirnya sampai juga di tanah Papua tepatnya di Provinsi Irian Jaya Barat, Kabupaten Manokwari. Rasa lelah setelah terbang selama 10 jam agaknya mulai terobati dengan keindahan alam papua yang  sebagian besar merupakan hutan hujan tropis alam yang ditutupi oleh kabut, sebuah pemandangan yang elok nan mempesona.

 

Pertama yang dituju adalah kost, kebetulan ada teman yang sudah mencarikannya maklum sulit cari kost yang murah dan agak bagus di papua. Setelah istirahat sebentar di kamar kost teman. Sore harinya huting barang untuk mengisi kamar kost, yaitu kasur. Tak lupa juga didalam kamar  berusaha untuk memproteksi diri dari serangan malaria dengan berbagai macam cara agar terhindar dari malaria diantaranya : makan teratur, minum obat malaria, obat oles nyamuk, obat elektrik nyamuk dan kelambu. 

 

Dua hari sudah merasakan udara papua, hujan yang cukup lebat hampir setiap hari selalu menguyur tanah papua. Hari kedua badan kok merasakan ada yang ngak beres sakit kepala dan agak demam. Langsung dech kepikiran ke malaria. Maklum ada sambutan khas yang unik atau mungkin seram bagi mereka yang menginjakan tanah papua. Apa itu sambutannya yaitu MALARIA penyakit khas tropis yang disebabkan oleh nyamuk anopheles. Gejala khas yang menyertai yaitu pusing demam, mual, muntah, dan diare.

 

Segera hari itu juga periksa ke dokter dan periksa darah untuk memastikan ada malaria atau tidak. Setelah menunggu hasil lab ternyata hasilnya positif plus 1 malaria tersiana. Kok aneh ya baru dua hari di papua sudah kena malaria padahal masa inkubasi malaria sekitar 10 hari. Akhirnya cari second opinion periksa lagi di rumah sakit angkatan laut, (Rukmital Manokwari) hasilnya tetap sama juga. Kata dokter sih mungkin dulu udah pernah kena. tapi dimana ya perasaan di jogja tidak ada malaria. Atau mungkin sewaktu kkn di purworejo. Karena parasit malaria tersiana vivax bisa sembunyi di hati dan bisa kambuh sewaktu-waktu.     

 

Dokternya cuma bilang

Congratulation you have been official member of papua

What…. ???

6 Tanggapan to "Jejaka Petualang Part 1 (”Petualangan di Manokwari”)"

sipp..welcome to the jungle yahhhh
salam dari rimba kalimatan tengah..
salam tuk pak simon

Sama Hen aku juga dapat sambutan selamat datang maluku Utara dengan malaria , Salam dari BP DAS Ake Malamo Maluku Utara

Lam kenal..ohh virus malaria bisa sembunyi di hati ya..ku tahun 2004 kkn juga di purworejo, kaligesing. yang pernah endemi malaria sedunia katanya.. tapi alhamd sampai sekarang gpp.. tapi ku kok jd khawatir

tetep semangat pak hendi

pak hendy gmn kbrnya kok lm ga nulis lg dah sibuk ya mengaduk-aduk hutan papua…..
salam dari jakarta

Buat teman-teman yang merindukan tulisan mohon maaf nih berhubung di manokwari internet lelet setengah modar jadi ya jarang nulis lah. udah dicoba modem di Hp tapi tetep lelet juga dan bikin kantong jebol lah. sekarang lagi coba cari-cari warnet yang kenceng lah. kalau ada yang mau investasi warnet di manokwari boleh lah. saja jamin 101 % akan laku keras. laris manis……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: