Geografi Fisik UGM

Diterima Bingung Ngak Diterima Bingung

Posted on: Desember 10, 2007

PNSnya Arep Di jupuk ra ?

Arep Diangkati ra ?  

Begitulah sms/ pertanyaan yang sering masuk, menayakan tentang, diambil ngak jatahnya PNS Hah…. What….Hari gini…Tanya itu…. Capek Dech,

Jadi ingat lagunya Koes Plus 

Jo podho nelongso Jamane jaman rekoso, Urip pancen angel Kudune ora usah ngomel, Ati kudu tentrem nyambut gawe karo seneng, Ulat ojo peteng, Yen dikokon seng temen La opo to konco, Ati kerep loro, Ra gelem rekoso mbudi doyo Pacen kabeh podo pengen urip mulyo, Wiwitan rekoso pancen nyoto  

Temanku yang baik hati dan sudah diterima jadi CPNS dan mau dilepas, mohon dipikirkan lagi ya..!!,. emang sih itu hak anda, apalagi diterima di dua tempat, tinggal milih mana yang paling enak, kalau bisa sih di Jawa. Tapi ingat lho yang nunggu di belakang kalian itu banyak banget, yang antri tuk jadi PNS itu ribuan, di luar sana tuh ada ribuan orang nangis karena gak diterima PNS ! !. Kesempatan hanya datang satu kali jadi kalau ngak ngambil kesempatan yang sudah diberikan kepada kita, aduh sayang sekali. Takutnya lagi kalau nama kita atau jurusan kita di blacklist karena menyia-nyiakan kesempatan yang udah diberikan dan jatah tahun depan dapat dikurangi kan kasihan, teman2x kita yang belum dapat kesempatan. Ok lah kalau alasanya karena tidak dapat restu dari ortu kita atau pasangan kita, atau lokasi terlalu jauh dan berada daerah konflik serta bancana alam.

Kalau masalah dengan restu dari ortu yang penting adalah di komunikasikan dengan semua keluarga terutama orang tua, suami, anak , kakak, adik, om, tante, budhe, mertua kalau punya. Cari referensi sebanyak-banyaknya tentang lokasi penempatan kita, kalau perlu tanyakan kepada orang yang sudah pernah kesana. ingat kan kita seorang Geografer, apalagi seorang lulusan GEFIS. Tapi kalau orang tua terutama Ibu kekeuh tidak mau melepas, sebaikya dituruti aja, karena restu dan doa ibu sangat manjur, jadi kalau benar2x gak dapat restu dari ibu dituruti aja, jangan melawan.  

Kalau masalah daerah bencana dan konflik, saya mau Tanya nih sekarang dimana sih di Indonesia ini yang terbebas dari bencana ? hampir semua pulau dilewati ring of fire dan patahan geologis (kecuali Kalimantan) jadi pasti ada bencana. Dan dimana daerah yang terbebas dari konflik ?, semua deerah, dari Aceh sampai Papua pasti pernah mengalami konflik.

Kalau masalah jauh, kan sekarang ada teknologi komunikasi jadi gak masalahkan.  Kalau masih binggung, ini ada nasihat dahysat dari Ibu Iwuk (GEFIS/00) tentang masalah yang dihadapinya pada waktu awal pengumuman PNS tahun 2005, berikut nasehatnya. 

Aku dulu juga binggung ketrima strees ngak ketrima juga stress. Tapi ternyata kalau dijalani juga bisa ya.. walau perlu perjuangan dan pengorbanan yang besar juga. Tapi kalau semua ikhlas dan mendukung Insya Allah akan dimudahkan jalannya.”  

 o.. ya perlu diingat ibu ini pada waktu pengumuman PNS sudah menikah, dan sang suami sudah punya pekerjaan yang mapan di Yogyakarta jadi terbayangkan gimana stressnya kan, kalau meninggalkan suami). Lebih lagi nih tadi malam dapat bocoran dari, Ibu Iwuk yang sudah menikmati jadi PNS DEPHUT berikut hasil bocorannya : 

  • Gaji gak usah kuatir insya allah gak nyesel deh jadi PNS
  • Dapat tunjangan uang makan, keluarga, anak, kesehatan, taspen, TPPK, honor2x lain
  • Dapat Mess (kalau di tempat kerja udah dibangun)
  • Bagi yang ditempatkan di Indonesia Timur seperti di Papua, ada tambahan biaya kemahalan diluar gaji sekitar 400 ribu
  • Ini yang terpenting ada uang perjalanan dinas menurut Rp 350 rb/hari + uang transport dan hotel
  • Gaji golongan III A 1,2 juta/bulan, katanya tahun 2008 naik jadi 3 jutaan. Amin 

Ok gimana, masih kepikiran untuk pindah atau melepas kesempatan PNS. Yang terpenting adalah kita memberikan kesempatan kepada teman-teman kita yang belum diterima, istilahnya buka jalur lah agar dijalur itu tidak kita persempit lagi. Caranya kalau sudah pasti diterima, disuatu Departemen kita tidak perlu lagi itu wawancara di Departemen lain, walaupun kita dipanggil. Hal ini untuk memberi peluang kepada teman kita yang lain. Bayangkan kalau kita memberi jalan bagi teman2x kita, secara tidak langsung kita akan menghidupi berapa puluh keluarga. Insya Allah itu menjadi amal jariyah kita.  Jadi cukup satu PNS untuk satu Geographer. 

Dalam hidup ini berlaku hukum kekekalan energi:

Energi yang Anda berikan kepada dunia tak akan pernah hilang. Energi itu akan kembali kepada Anda dalam bentuk yang lain. Kebaikan yang Anda lakukan pasti akan kembali kepada Anda dalam bentuk persahabatan, cinta kasih, perasaan bermakna maupun kepuasan batin yang mendalam.Jadi, setiap berbuat baik pada orang lain, kita sebenarnya sedang berbuat baik kepada diri kita sendiri.

Kalau begitu,apalagi yang harus kita sombongkan

2 Tanggapan to "Diterima Bingung Ngak Diterima Bingung"

Buat teman-teman Gefis semua angkatan yang telah diterima di berbagai departemen/instansi/badan apapun, saya ucapkan selamat atas satu lagi keberhasilan yang telah Teman-teman capai… Semoga ini menjadi awal kesuksesan dari teman-teman di masa yang akan datang. Saya berharap teman-teman dapat memanfaatkan kesempatan yang telah diberikan Allah SWT pada kita dengan sebaik-baiknya….skali lagi jangan lupa BERSYUKUR atas nikmat & rizki-Nya selama ini…apapun itu bentuknya. Dan bagi teman-teman yang belum diterima janganlah bersedih, jangan bersusah hati, dan jangan berputus asa dari Rahmat Allah…..kesempatan masih terbuka luas dihadapan kita, tinggal bagaimana kita mengelola sgala potensi dan kemampuan yang kita miliki untuk merebut kesempatan itu…Khusus buat Mas arif’99, mbak Siti sopiyah “99, Dik Fidhi”01, Mas Hendi”00 dan Den Baguse Atmo “00 saya ucapkan “SELAMAT BERKABUNG dengan KAMI KELUARGA BESAR RIMBAWAN-DEPARTEMEN KEHUTANAN” Sukses selalu tuk teman-teman semua…..

nyoba nanggapi aja…

fenomena penerimaan CPNS tahun ini berbeda dengan sistem penerimaan CPNS sebelumnya karena ujian dilakukan tidak berbarengan, tetapi permasalahannya sama, mungkin ada beberapa teman yang menyia2kan kesempatan sehingga saat diterima tidak bisa melanjutkan ke proses sebelumnya karena berbagai alasan di atas..saya mungkin mencoba sharing untuk berbagi tips aja supaya ke depannya, teman2 GEFIS bisa yakin untuk menjadi PNS di suatu instansi…(maaf bukan menurut urutan)

1. Sebelum mendaftar coba untuk mengenal dulu instansi yang akan kita masuki, apakah ada perpanjangan tangan di daerah atau tidak (ini terutama buat teman2 yg bermasalah jika ditempatkan diluar jawa)

2. Diskusikan dengan faktor “penghambat” eksternal seperti orang tua/pacar/suami/isteri supaya jika kita diterima dan ditempatkan di daerah menjadi suatu hal yang tidak membingungkan

3. semua gaji PNS di Indonesia itu sama, yang membedakan tunjangan saja, tapi jangan khawatir karena jarang di dengar kalo PNS itu hidupnya melarat..(tp bukan berarti juga hidup kaya raya)

4.Jangan mencoba “membunuh” teman sendiri..dengan tidak melakukan proses daftar ulang bagi yang sudah diterima jadi CPNS atau malah mendaftar ke instansi lain dengan berharap akan di tempatakan di Pulau Jawa..ITU SALAAAH

5. Jangan takut dengan banyaknya saingan karena kapasitas otak kita semuanya sama..orang yang cumlaude di geografi belum tentu dia jago dalam menjawab ujian CPNS..dia kan jago geografi bukan jago menyelesaikan tes bakat skolastik atau tes pengetahuan umum.

6. Usahakan juga mencari instansi yang kira2 geografinya hanya sedikit, maksudnya untuk mengembangkan sayap saja supaya geografi lebih dikenal di dunia luar…keuntungan lainnya, semakin sedikit semakin banyak kita diperlukan..tetapi bukan berarti yang geografinya banyak terus kita tidak dibutuhkan..itu bagus juga untuk mensolidkan alumni Geografi di suatu instansi, makin solid maka gografi pun makin dikenal dan makin laris juga.

ah itu dulu aja lah…semoga jdi bahan pemikiran juga..karena pada intinya semua adalah BERPIKIRLAH DAHULU SEBELUM BERTINDAK !!!!

SELAMAT BUAT TEMAN-TEMAN GEFIS YANG MENJADI ABDI NEGARA TAHUN INI !!!SUKSES UNTUK KITA SEMUA !!!!

Salam,
iuz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: